Meat without Bone

Bismillah..

                Hayo lho, ada yang tau apa itu judul di atas? Sedikit cerita ah, jadi dulu waktu pelajaran bahasa Sunda pas SMP kelas 3 deh, ada salah satu artikel yang judulnya sama persis dengan judul artikel ini. Inget banget, kita disuruh baca teks itu terus dibahas bareng . Duh aku lupa siapa beliau guru bahasa Sunda aku (maapkan abdi bu, 100% hilapL). Oke, singkatnya tuh artikel bikin aku salut bin bangga jadi bagian dari bangsa Indonesia. Alhamdulillahnya jangan lupa hehe. Ceunah mah, salah satu panganan Indonesia yang satu ini teh kaya akan protein, bahkan disetarain derajatnya sama daging lho! Coba tebak, aku kasih clue.. terbuat dari kedelai, tapi belum tentu dibesarkan sepenuh hati seperti anak sendiri L udah ah, satu aja cluenya biar susah nebak wkwkwk. Dia adalah… Tempe!

Buat kalian yang sempat terbesit buat jawab tempe, you are so lucky! Hahaha, apaan sih qin lebay sangat. Oke balik lagi ke si tempe dan sedikit ulasan aku di paragraf satu. Serius dah, aku lupa beneran kalau kamu suruh buar ceritain balik itu artikel. Mana pake bahasa Sunda, yang tersisa di otak cuman.. ‘Meat without bone’, ‘tempe kaya akan protein’, ‘Di LN (di Walanda asana teh), harga perpotongnya sadis banget gan!’, nah begitulah kira-kira:)) so bener gak sih? Sumbernya dari mana qin tuh artikel? Atuhlah, boro-boro inget si sumber, penulisnya aja tak ingetL tapi, skuy kita coba cek and ricek keabsahan opini teks tersebut!

                Berdasarkan bukti sejarah, tempe itu merupakan produk fermentasi yang awalnya dibuat oleh masyarakat Jawa Tengah dan jadi makanan khas mereka mulai sekitar tahun 1700an. Selain itu juga, ada beberapa temuan lain dari fermentasi kedelai di Asia,  kayak natto di Jepang, dau chi di Cina, dan kinema di Nepal dan India. Bedanya, kalau di beberapa negeri itu untuk fermentasinya  pake bantuan bakteri bacillus sp, nah tempe di kita itu pake Rhizopus sp, guys![1] Ternyata, Tempe tuh asal muasalnya dari masyarakat Jawa Tengah, pantes aja ada tempe mendoan yang rasanya aduhai bikin lupa sama dunia#eh.

                Lanjut, sekarang kita bahas ke beberapa poin penting yang udah aku sebut tadi ya. Tempe kaya akan protein, ternyata bener adanya! Coba liat tabel di bawah ini yuk :

 

Tabel 1. beberapa perbandingin Gizi Tempe dengan para daging.

 

Komponen

Tempe

Daging sapi

Daging Ayam

Daging Kambing

Energi (kkal)

149

207

302

154

Protein (g)

18.3

18.8

18.2

16.6

Lemak (g)

4

14

25

9.2

Karbohidrat (g)

12.7

0

0

0

Kalsium (mg)

129

11

14

11

Besi (mg)

10

2.8

1.5

1

Vit A (IU)

50

30

810

0

 

Sumber :  Jurnal Pangan Halal Volume 1 Nomor 1, April 2019.

Wow, Masya Allah! terlepas emang banyak kandungan gizi dari si tempe ini, kita tetep fokus ke tujuan awal ya wkwk. Liat, kandungan protein tempe lebih tinggi dibanding daging ayam dan daging kambing! Daebak~ shahih ya, makna dari ‘Meat without bone’, emang setara kek daging, cuman gak ada tulangnya aja hahaha. Berarti, poin satu kalau si tempe itu kaya akan protein, bener! √

                Next, poin kedua itu.. harga tempe di di luar negeri itu mahal? Well, secara logika ya barang-barang impor dari luar pasti mahal lah ya hahaha. Maksudku, tempe di LN mahal yak karena di sana gak ada dan otomatis kudu beli di mari. Ini gak ada bedanya kayak kita beli or*o supreme, (eh, btw ini perbandingan yang sepadan gak sih?XD). Tapi gak papa lah ya, kita bisa bandingin dan ini tuh bisa jadi cara kita buat bersyukur be like.. ‘Alhamdulillah Ya Allah, tinggal di Indo, harga tempe cuman berapa ribu perak, sepapan lagi!’. :)) Hmm, aku nemu sih dari salah satu sumber yang lengkap. Situsnya yang biasa pake sapaan ‘gan agan’, kamu tau lah ya. Ada contoh harga tempe di beberapa negara, cuman sumber rujukannya itu gak tau dari mana wkwk. Jadi, si aku melipir ke salah satus situs berita gitu. Cuman Eropa doang sih, tapi relate lah ya sama yang ada di buku pelajaran sundaku dulu wkwkwk. Coba tebak, berapa harga tempe disana? Harganya salawe ribu alias Rp.25.000/potongan kecil! Oke, mahal lah ya da impor wkwk. Pokoknya mah ya, kalau mau ke Eropa kudu bawa tempe dari sini atau bawa ind*mie + cabe rawit jangan lupa, harga mie ini di sono mah uwow banget soalnya, ehe.

                                                

Gambar 1 Btw, kita juga punya tempe Supreme. gak mau kalah tuh! jadi, emang sepadan kan? :P eh, itu laler pen eksis aja wkwk. Sumber : wowkeren.com

                Hmm.. sekarang aku mau utarain salah satu produk olahan tempe yang gak biasa! kalau tempe biasanya di bacem, mendoan, gorengan, keripik, dan kawan-kawannya kan ya, tapi tempe yang satu ini super duper unik. Temen-temen, apa yang kamu bayangin ketika kamu makan snack yang komposisinya perpaduan tempe + cokelat? Jujur, aku sendiri sih pertama kali coba (pas SMA temen pernah ada yang jual) agak awkward gitu, wkwk. Kalau orang tua aku terutama Ibu, jelas bukan seleranya banget. Jadi rasanya tuh ada manis-manis pahit dark cokelat dicampur sama rasa tempenya yang khas. Bentukannya kayak si cokelat ‘B*ng-B*eng’ sih, walau awalnya aneh tapi aku terus cemilin kan ya (mubazir dong gais, aku beli pake uang jajanL) lama-lama lidah aku terbiasa juga. Ya, jadi unik gitu rasanya. Kamu harus coba sih, siapa tau pandanganmu beda, sayangnya aku cuman coba yang dark chocolate, ada varian greantea, vanilla, dan lain-lainnya kok tapi, entah masih produksi apa enggak.. Aku kasih nilai 85 dari 100 deh (berasa jadi juri master chep).

                Udah segitu aja kali ya. mantep banget opini aku kali ini ditunjang sama beberapa referensi. Biasanya lebih ke opini pribadi jadi ngalir aja gitu kayak bikin diary wkwk. Tapi, yang ini gak asik kayaknya kalau gak disertain penguat. Makasih buat beberapa rujukan, Ibu yang beberapa kali aku tanya-tanya, dan kalian tentunya yang setia baca tulisan aku sampe titik ini. Nah kan titik, hahaha. Semoga bisa nambah setitik wawasan baru ya dan seperti biasa, aku sangat membuka tangan untuk segala kritik, saran, atapun hujat tapi masih pake akhlak hoho.

 

Salam Semangat!

Jazakumullah khoiron katsiron..

(Cimanggung, 7 September 2020 / 19 Muharram 2020).

 

Sumber :

Alvina, Adini dan Dany Hamdani, “Proses Pembuatan Tempe”, Jurnal Pangan Halal, Vol. 1, No.1, 2019.

Firma Herdwiyanti. 2015. Tak disangka, 10 Makanan Sederhana di Indonesia Ini Mahal di Luar Negeri. (https://www.brilio.net/news/tak-disangka-10-makanan-sederhana-indonesia-ini-mahal-di-luar-negeri-1508211.html). [diakses pada 7 September 2020).

Mary Astuty dkk, Tempe, a nutritious and healthy food from Indonesia”, Asia Pacific J Clin Nutr,  Vol.9, No.4, 2000.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



[1] Mary Astuty dkk. Tempe, a nutritious and healthy food from Indonesia”, Asia Pacific J Clin Nutr,  Vol.9 No.4, 2000, hal. 322. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takut Mati? Coba Baca Buku Ini Deh! (Psikologi kematian - Ulasan Buku)

Me on Social Media?

Ramadhan Vibes