The Power of Nyinyir

 Bismilah..

Huft.. bakal emosi gak ya, bakal emosi gak ya? hahaha. Soale, aku mau ungkapin sesuatu yang dah lama tertanam dan membuat jejak ‘kekecewaan’ dalam diri. Temen-temen, what do you think when somebody comparing yourself with other people? Pasti gak enak lah ya, apalagi sesuatu yang emang bikin kita itu jadi… ‘gedebuk!’, jatuh dan down gitu aja. Ah ya terutama lagi ketika ‘BAWA-BAWA FISIK’! serius, ini tuh realita dari definisi sakit tapi gak berdarah hehe:)).

Ada beberapa komentar yang masih aku inget sampe detik ini kayak, ‘Ih Qin, kamu mah liburan teh bukannya makin mulus malah makin banyak aja jerawatnya’, ‘Oh ini saudara kamu Qin, cantik ya, kok beda sama kamu’, ‘Bibi kamu mah cantik, kenapa kamu mah enggak?’, ‘Bibina, Ibuna, Kakakna mah gareulis beda jeung si eta’, ‘Gemukan ya sekarang’, ‘Dulu mah langsing ya’. Huft.. well, buat yang komen muka aku jerawatan, kamu gak tau aja selama liburan aku explore  pake masker ini-itu sampe akhirnya malah bikin jerawat banyak tumbuh. Tapi, makasih lho yaa, berkat terlalu mikiran penilaian kamu aku jadi addict banget dulu pake masker tiap hari. Bela-belain muka perih karena asemnya si jeruk nipis 😊. Oke, dan buat kalian-kalian yang punya standarisasi sendiri mengenai ‘cantik’ di mata kalian seperti apa, please, kalau mau muji orang muji aja gak usah ada embel-embel ‘perbandingan’. Kalian bukan mau beli barang di pasar kok, perlu ada perbandingan mana yang mahal dan mana yang lebih murah! Ngomong-ngomong, serius sumpah ini mah gak bohong, dibandingin itu gak enak tau, apalagi sama orang yang deket sama gua. Sering mikir gini biar gak pusing, ‘iya gua emang gak cantik, udah titik.’ Terakhir, iya ya jadi setiap orang kudu langsing hehehe.

I just wanna say, please think before you speak! Kamu-kamu gak tau dampak apa yang bakal terjadi sama orang yang kamu ‘komenin’. Banyak dari mereka-mereka korban ‘body shamming’, jadi kena ragam gangguan. Aku inget, pernah baca novel yang temen pas esempe, si tokoh utamanya tuh ngidap anoreksia. Kamu tau anoreksia? Ini semacam penyakit mental dimana si orang ini tuh ngerasa diri gemuk terus walau tubuh udah ‘sangat-sangat’ kurus sekalipun. Mereka batasin makan mereka, bahkan sengaja emang makan dengan porsi yang gak wajar. Ada yang gak kalah parah, namanya Bulmia, ini karakteristiknya, dia makan banyak tapi udah gitu ngerasa nyesel dan si makanan yang udah di perut itu gimana caranya harus dikeluarin lagi! Dia paksa biar muntahin itu semua. hmm.. mereka bisa gitu, karena apa? Karena penilaian orang!

Kalau dari materi kuliah sosiologi komunikasi kemarin mah, standarisasi sesuatu (salah satunya kecantikan), emang media itu punya peranan penting banget. Menurut teori Jean Baudrillard nih ya, hyper-reality  (realitas semu) dan simulacra (citra yang ditampilkan) dalam iklan emang sengaja dikontruksi untuk menggiring opini masyarakat. Liat artis-artis di layar kaca, cantik, putih, langsing, mulus dan kawan-kawannya, masyarakat jadi kebentuk pola pikir gini : ‘Ya yang cantik itu yang seperti tergambar di tipi-tipi, pokoknya!’ hehe.

Kamu juga perlu tau nih tentang body image. Dari sebuah video ceuceu Gita Savitri, yang pernah ku tonton, jadi body image itu singkatnya pandangan atau persepsi seseorang tentang diri mereka sendiri terutama yang berhubungan dengan fisik. Bisa dalam bentuk positif yakni ngerasa nerima dengan keadaan fisiknya secara apa adanya dan percaya diri walau fisik dirinya tidak sesuai dengan standar kecantikan yang ada di masyarakat. Nah, kalau body image yang negatif itu tuh ya sebaliknya. Mereka terlalu mikirin bentuk diri mereka dari sisi negatif. Dampak ekstrimnya ya bisa yang kayak aku disebutin tadi, anoreksia atau bulmia!

“Aku ngerawat diri, bukan buat buat orang lain kok, tapi buat diri aku sendiri’. Ya, aku gak nyalahin hal itu kok, bagus adanya kalau berpikiran kek gitu. Tapi, ini tulisan sebenernya aku buat untuk ‘menampar’ atau ‘mencambuk’ mereka-mereka yang hobinya ‘body shamming’ ke orang lain. Entah itu bener adanya atau hanya sekedar jokes. Aku cuman mau ngingetin dan negasin kembali, ‘ayolah, pikirin dampak yang bakal terjadi dari apa yang bakal kalian utarain. Apalagi udah bawa-bawa fisik’. Bisa liat kan, sekelumit bahaya yang bisa terjadi ketika ‘nyinyiran’ itu jatuh pada tempat yang salah. Di zaman Rasulullah juga pernah terjadi lho. Pernah suatu waktu Aisyah ‘mengomentari’ Shafiyyah melalui isyarat doang padahal, tapi Rasulullah larang hal itu. Lengkapnya seperti ini, DariAisyah radhiyallahu ‘anha beliau berkata, “Aku pernah berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam “Cukup bagimu dari Shafiyah “INI dan ITU”. Sebagian rawi berkata, ”Aisyah mengatakan Shafiyah pendek”. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata ”Sungguh engkau telah mengucapkan suatu kalimat, yang seandainya kalimat tersebut dicampur dengan air laut niscaya akan merubahnya (karena sangat kotor dan bau sehingga bisa merubah air laut)”.[1]

Terus satu tips dari aku untuk halau nyinyiran orang sih cuman satu, tanemin prinsip : ‘Cukup kendaliin apa-apa yang bisa kita kendaliin, abaikan sesuatu yang ada di luar kendali kita’ dan omongan orang lain termasuk sesuatu yang ada di luar kendali kita lho. it’s out of our control, mereka bukan robot yang bisa kita setting untuk ngomong sesuai dengan apa yang kita harapkan heheJ simple, tapi prakteknya emang sulit. Ya, sama-sama belajar aja. Aku juga mungkin pernah baik secara sengaja, gak sengaja, serius, atau hanya jokes ngelakuin body shaming ama orang, semoga mereka maafkan. Aku bisa rasain kok, gak enaknya gimana. Yaudah, kalau ada yang bicarain fisik kita, inget ini aja deh : “Sungguh, kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS. At-Tin : 4). So, kalau ada yang rendahin fisik kita, berarti pada hakikatnya dia rendahin siapa? Kamu pasti bisa jawab sendiri😊.

Yap, akhirnya sampai dipenghujung juga. Tenang-tenang, aku gak ngamuk-ngamuk kok waktu buat artikel ini, cuman sedikit berkaca-kaca aja tuh pas ngetik bagian nyinyiran orang sama aku tempo dulu :D. Tapi, setelah beres aku ngerasa plong banget, Alhamdulillah. Selain ungkapin sesuatu yang udah lama terpendam aku juga share ini sama kalian, karena ini tuh penting banget buat dipahami setiap manusia-manusia yang ada di muka bumi ini. Hehe. Dah lah ya, cukup sekian dari aku, maaf kalau ada yang gak berkenan dan jangan lupa aku selalu nerima kritik, saran, pun hujatan asal tetep berakhlak hehe.

Salam semangat!

Jazakumullah khoiron Katsiron..

(Cimanggung, 8 September 2020 / 20 Muharram 1442H).

Sumber :

http://quran-id.com

Gita Savitri Devi,  Kita vs Body Image. ( https://www.youtube.com/watch?v=dot9vWCFGaM&t=231s ).

https://www.halodoc.com/artikel/gangguan-kesehatan-gara-gara-body-image#:~:text=Body%20image%20positif%20adalah%20persepsi,merasa%20nyaman%20dan%20percaya%20diri.

http://hijabalila.com/stop-body-shaming/

Materi Mata Kuliah Sosiologi Komunikasi  - Dosen Pengampu : Asep Muhammad Iqbal, P.hD.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takut Mati? Coba Baca Buku Ini Deh! (Psikologi kematian - Ulasan Buku)

Me on Social Media?

Ramadhan Vibes