Berkaca dari Film Makmum

            Santai-santai, konten kali ini sama kali gak ada bumbu-bumbu seremnya kek judul di atas kok haha. Ini lebih kaya Secuil Analisa pada Sebuah Short Movie bertajuk ‘Religius-Horor’. Temen-temen ada yang pernah nonton film pendek berjudul Makmum? Eh, atau baru kali ini tau? aku gak saranin buat tonton sih kalau diri emang gak siap dengan segala ketakutan yang akan mengintai kelak hoho. Enggak kok, enggak seseram itu. Cuman ya, kalau kamu belum tonton agak baiknya kamu baca tulisan ini sampe beres. Oh ya, buat yang pernah nonton pun, mungkin kalian punya sudut pandang yang sama dalam memandang film yang satu ini? Skuy, kita saling berbagi.

Film Makmum itu film apaan sih? Jadi gini man-teman, film ini tuh adalah sebuah film pendek bergenre horror yang isinya tuh relate banget sama judul di atas. Nyeritain seseorang yang shalat tahajud, terus ada makmum dari dunia lain gitu menyertai do’i shalat. Mata full item, datang tak diundang ngikut aja lagi ngemakmum padahal gak nepuk dulu do’i kalau dia mau masbuk-_-, mukanya juga putih sangat, nih setan wudhu pake terigu kali yaXD. Yang paling ngeselin, suara si jurig yang serem-serem syahdu gimana gitu, waktu niruin ucapan takbir si imam. Udah ah, jadi spoiler gini hahaha.

Oke, sekarang ke inti pembahasan. Sebenernya film ini tuh singkat tapi bisa berujung kualat. Hmm.. Gini lho, dari pendapat salah satu temen aku yang pernah tonton ini, dia kayak ngerasa alergi gitu kalau shalat di waktu malem apalagi sendiri. Dia bilang, “Iya, gua semenjak nonton makmum, kalau shalat pengennya gak ada space  gitu di belakang gua. Bawaannya pengen mepet-mepet ke tembok”. Belum lagi reaksi lain dari mereka-mereka yang udah pernah nonton film ini, kebanyakan merasakan yang sama. ‘Takut kalau shalat malem, suka kebayang ada si setan kek di film makmum ngintil dibelakangnye’. Huft..

Temen aku pernah bilang, “Ini bisa jadi dosa jariyah buat si pembuat film. Bikin orang-orang jadi takut buat lakuin shalat di waktu malam, terutama tahajud”.  Well, bener juga sih. Niat hati gak sampe kearah sana, tapi dampak yang ditimbulkannya itu lho bikin orang gak jadi buat lakuin kebaikan (baca : shalat malam). Psst.. biar di kata ini di angkat dari kisah nyata, yang namanya bikin orang insecure tetap aja gak baik, apalagi menyangkut hal ibadah, wih, keras banget ini mah dampaknya. Padahal Allah turun di setiap sepertiga malam buat nyambut segenap hamba-hambanya yang bersimpuh padanya, eh ini malah jadi pada urung karena segala ilusi yang mendistraksi. Kan lucu kalau ditanya alasan gak shalat karena si film makmum ini. Huhu.

Ngomong-ngomong, aku gak nyalahin mereka-mereka yang borangan ama hal gituan, Karena aku sendiri pernah ada di fase itu pada masanya. (sekarang enggak? I hope, wkwk). Karena faktanya, hal-hal yang bikin takut tuh ya dibuat sendiri. Sebenernya aku mau bikin perihal ini di tulisan khusus tapi kayaknya di sini aku jabarin aja deh. Mumpung cocok. Oh ya, balik lagi ke tadi, iya semua itu kita yang ciptain sendiri. Serius, kita sering halu gitu kek bayangin ada kunti di jendela kamar, pocong lagi ngintai kita, bayangan item, putih, monokrom yang di ada-adain deh hehe. Hal-hal tadi tuh bukan tanpa sebab, tapi emang sengaja diundang. Hah? Diundang? Tapi kan gak bakar kemenyan, gak ngasih sesajen, gak sompral ini-itu. Hihi, kalem sist, bro, maksud undang di sini gak kayak gitu kok. Lebih ke, semua itu ada sebagai hasil apa-apa yang kita input ke benak kita. Kalau lalapan setiap hari kamu nonton film horror, baca cerita-cerita seram, urband legend dkk ya hasilnya begono noh. Parno sendiri. Aku ngomong kayak gini karena berangkat dari apa yang aku rasain sendiri kok.

“Nanaonan kikituan, nyingsieunan maneh mah!”[1], itu komentar ibuku waktu aku lagi nonton film horor tapi muka di tutup bantal sambil sesekali ngintip hahaha. Tau gak sih, yang bikin ‘jump scare’  dari sebuah film horror tuh bukan sekedar sosok hantunya yang nyeremin, tapi justru backsound  lah yang punya peranan besar dalam hal ini. Makannya, sering juga aku dulu nonton film horor tapi volume di unmute wkwk, padahal di situlah letak daya tarik si film bergenre horror. Dulu aku maniak ginian kok, dari kecil kalau nyewa CD Film ama temen-temen ya kami biasanya nonton horror sambil makan cireng homade buatan kami atau jus jambu yang dipetik langsung buahnya dari pohon di depan rumah. Baca-baca komik atau cerita horror. Dengerin Nightmare side di radio Ard*n, bahkan sampai bikin fanpage “Kumpulan Cerita Misteri” di FB (Aduh gusti! XD). Tapi seiring berjalannya waktu, si aku jadi makin menyelami makna dari omongan ibu tempo dulu. Dipikir-pikir sih bener juga ya, gua yang nonton gua yang takut sendiri:)) akhirnya, aku tinggalin tuh hal-hal yang begituan. Ngerasa sadar aja sih nanaonan aku nonton atau baca yang begituan. Asa gak ada ‘value’  yang berarti selain cuman rasa takut doang hehe. This is a new chapter of my life!

Jaman Bocil dulu, 'Cireng' jadi Pop corn ala kami wkwk. 
         (Sumber : https://unsplash.com/photos/q8P8YoR6erg) 


Terakhir nih, buat yang kadung takut sama hal beginian terkhusus takut shalat tahajud karena film si makmum ini, saran aku ya.. kamu harus cobain cara yang udah aku jalanin. Cuma ada 2 pilihan, jalankan atau tinggalkan. Menurutku, tinggalkan adalah jalan terbaik hehe. Coba kurangin dikit-dikit, yang biasanya nonton horror ganti ama yang lain. Kalau lagi di tempat sepi, malam, sunyi, kuburan misalnya, yuk sama-sama gaunggkan dzikir di hati kita. Don’t be afraid, because we have Allah who protect us everytime. Segitu aja ya, jangan lupa si aku sangat menampung kritik, saran, dan.. hujatan hehe. inget-inget lho ya tetep dibingkai oleh akhlak, hehe J

                #Selfreminder

Salam Semangat!

Jazakumullah khoiron katsiron.

(Cimanggung, 6 September 2020 / 18 Muharram 1442 H).

 



[1] Ngapain lakuin yang begitu, kalau nakut-nakutin diri sendiri mah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takut Mati? Coba Baca Buku Ini Deh! (Psikologi kematian - Ulasan Buku)

Review Series The Journalist: Mengenal kehidupan seorang Jurnalis dari Jepang

Me on Social Media?