Then And Now


Assalamu’alaikum..

Hello, everybody! Long time no check and write in this blog. Now, I’m back again with so much extraordinary experiences! Haha, just kidding. Sampurasun! Kumaha damang? yuk langsung to the point. Basa-basi mulu ya…--’’

Oke, ada apa dengan judul yang tertera diatas ya? “ Then and Now”? penasaran? Well, kali ini aku bakalan sharing mengenai …… permainan jaman dulu dan sekarang! Aku bakalan berbagi pengalaman seru aku waktu dulu main dan kongkow bareng genksku wkwk..

Let’s, check it out!

1.Penuh dengan keringat!
     First, permainan-permainan ini yang suka dimainin outdoor alias di luar ruangan. Seperti, di lapang, jalan, atap rumah(?) tapi upit hehe..

-Galah Asin => Mungkin kalian udah gak asing sama perminan yang satu ini. Tiap daerah pasti ada permainan ini dengan nama khas nya masing-masing. Permainan ini adalah permainan favorit aku. Selain seru-seruan bareng, ini juga bisa jadi ajang latihan kekompakan bareng timnya masing-masing! Pokoknya asik bener dah! Hehe..

-Petak Umpet => Ahh, kalau yang ini sih gak usah dijelasin juga pasti pada tau kan? Itu lho yang satu orang jaga yang lainnya ngumpet. Ini seru juga, kalau di daerah aku kadang ada option buat yang jaga, antara pilih 50 lambat/100 cepat? Kalau aku jaga sih yang pasti aku pilih 100 cepat, dengan cara aku pastinya “tuwagapatmanamjupanlanluh”10x. dengan begitu banyak yang belum keburu nyumput. Hwahahaha *Evillaugh*

-Ucing Sendal => Pasti tau lah ya, gak tau? Duh, terlalu..ini mirip-mirip petak umpet sih, Cuma bedanya pas nyumput di wakili sandal kita. Terus, nanti ada yang jaga di atas lingkaran yang dibawahnya ada sandal-sendal kita. Duh, kudu hati-hati nih salah-salah kita kena dan jadi yang jaga!

-Gala Jidar => Permainan ini hanya membutuhkan 2 batang lidi. Nanti diberi jarak sejengkal, dan selanjutnya akan bertambah terus. Dulu, aku dan yang lainnya suka ancang-ancang dulu dari jauh, karena kita yakin biar kita bisa lewatin dengan sekali lompat, padahal sama-sama aja yang ada malah jadi capek. Dasar bocah..

-Engkle => ?Mungkin bisa disebut juga sondah? Ini kita buat gambar kaya petak-petak gitu yang diatasnya ada setengah lingkaran. Biasanya pake kapur, genting, atau batu bata. Nah si petak-petak tadi kita lompati dengan syarat harus memenuhi peraturan yang barlaku. #tsaelah.. kita juga harus punya jimat nih buat ikut permainan ini.

-Karet => Wohoooo! Ini nih permainan favorit aku yang kedua!! Seru bingo! Dimulai dari lutut sampe merdeka! Ada bantuannya juga kalau kita susah, kaya cingir (kelingking), baju, motor, tepak. Ada juga ajinomoto cap mangkok merah + simsenya yang aduhai, seru abis!

-Popolisian => Kalau ini, dibagi jadi dua regu. Satu jadi polisi satu lagi jadi maling! Yang maling berkeliaran sang polisi siap menahan! Nah kalau semua udah ketahan kita tukeran posisi deh.

-Menjadi Apa=> Ini ada lagunya lho. Kaya gini nih syairnya “ada sebuah, film cherry campuran mari kita isi dengan para pelakunya, misalnya menjadi apa” nah yang terpilih bisa tentuin tuh, misal mau jadi naruto, elsa frojen, ataupun pocong juga boleh. Nah yang paling akhir bakal kebagian jaga, kalau ngenain harus sebut nama yang tadi dia pilih.

-Ucing-ucingan => Ini satu orang jaga harus kenain yang lain biar dia gak jaga lagi. Mirip kaya “menjadi apa” Cuma kalau ini gak pake nama tokoh. Kadang untuk berlindung bisa pake kub atau jatuh(jongkok). Nanti sama teman yang lain diselametin deh.
2. Santai Ria
Nah, kalau tadi outdoor sekarang yang di indoor.
Kartu => Banyak banget jenis kartu yang pernah aku dan kawan-kawan mainin. Kaya kartu remi, kartu gapleh, kartu Uno, kartu gepok. Paling suka kalau udah ada coret-coretan pake bedak yang dicairin. Lucuuu >.<

Adu stik => Seperti yang disebut diatas, ini sama kaya permainan kartu gepok. Kaya yang di upin dan ipin itu lho.
Monopoli => Ada yang pernah mainin? Pasti pernah dong ya! Dulu sering ngabuburit sambil main ini nih.kalau main di keluarga aku sering yang paling miskin, dan punya banyak hutang, so sad..

Congklak => Aku suka permainan ini. Biasanya aku pake yang standar atau terdiri dari 7 lubang, seru banget.

Beklen => Ini melatih taktik dan kelincahan lho. Aku pernah dibeliin kewuk yang anti mainstream sama ibu aku lho, jadi warna kewuknya gak kaya biasanya tapi ada corak kuning-kuningnya gitu. Thank you mom!

Ular Tangga => sama kaya monopoli tapi kalau ini Cuma 1 dadu.

BP a.k.a Boneka Perempuan => ini tuh boneka dari kertas, yang bisa ganti-ganti baju lain sesuai keinginan kita. Kaya gaun pesta, baju tidur, baju main, dan sebagainya. Temen aku sampai dibuatin papa nya sofa dari kumpulan bukus korek api dong, wow, cool!

Plastisin => kalau di daerah aku sih disebutin “Malam” #lah entah dari mana asalnya.. kita bisa bikin bentuk-bentuk lucu sesuai keinginan kita.

Segala Profesi => ini nih yang paling kumplit. Kadang kita main dokter-dokteran, atau dagang-dagangan dengan transaksinya pake daun, kadang sekolah-sekolah and many more! Seru!

Irama dan gerakan => kalau ini ada beberapa permainan kaya ampar-ampar pisang, mimi-mimi, pildacil, potong-potong roti, dan masih banyak lagi.ini ada gerak-gerakannya gitu kaya tepuk dan tos, diringi dengan lagu yang super ngagenin!

Nah, kalau itu mungkin sekelumit permainan-permainan seru yang pernah aku alamin. Sebenarnya masih banyak lahi permainan seru lainnya, tapi gak mungkin aku share disini karena terlalu panjang hehe.

Lanjut, sekarang permainan jaman Ayeuna, ya jaman Sekarang!

Slime => Banyak yang suka banget sama mainan ini. Kita juga bisa buat sendiri dengan resepnya yang sudah menyebar luas dan menjadi rahasia umum hehe..

Play Doh => ini nama merek plastisin ternama dengan dilengkapi alat-alat keren,  seperti mesin es krim,  pencetak kue,  Dan masih banyak lagi. Duh,  serasa chef beneran dah! 😁

Squishy => Lucu juga ini, ngemesin banget deh! Itu lho, yang kalau di remes kembali lagi ke bentuk semula. Nggak tau juga? Silahkan buka www.google.com lalu “Ok, google. Apa itu squishy” *korban iklan*

Spinner => Ini yang lagi viral banget. Itu lho yang bisa muter-muter gitu, ada juga yang dilengkapi lampu warna-warni, makin kece, deh! Da aku mah apa atuh, dulu main gasing yang talinya ditarik tuluy pupuiran XD

Gadget => Hah? Gadget? Ya, sekarang banyak banget permainan virtual yang bisa kita mainin di hp kita. Dari masak-masakan, kartu, perang, dan masih banyak lagi. Dengan keberadaan gadget ini juga, permainan tradisional yang dulu sering dimainin mulai pudar. Huhu.. ketauhilah nak, permainan di gadget tak akan bisa menggantikan keseruan permainan-permainan tradisional yang super asyik!

Dulu tuh banyak kenangannya banget!kaya masak bareng, makan bareng, naik pohon bareng. Next time mungkin aku bakalan share pengalaman seru dulu bareng temen-temen ya 😊

Btw, kerasa banget kan perbedaan permainan anak jaman dulu sama sekarang? Sayang banget, anak-anak jaman sekarang udah jarang banget yang masih suka main permainan tradisional. Padahal dengan permainan-permainan tradisional ini banyak pelajaran yang bisa di dapet, kaya kerja sama tim, kreativitas dan imajinasi, juga lebih terjaganya komunikasi. Berbeda dengan adanya gadget yang membuat anak menjadi lebih individual.
Aku berharap semoga aja permainan ini dapat Berjaya lagi aamiin..

Last,  can you tell me what is your favorite game in Indonesia? 

Makasih udah mampir, maaf kalau banyak kata-kata yang rancu ya..

Wassalamu’alaikum..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takut Mati? Coba Baca Buku Ini Deh! (Psikologi kematian - Ulasan Buku)

Me on Social Media?

Ramadhan Vibes